Senin, 07 Januari 2013

SMARTCAP: TOPI CANGGIH UNTUK MEMONITOR STAMINA

Terkadang seorang pemimpin ingin mengetahui bagaimana kondisi stamina pegawainya, apakah masih fit atau malah kelelahan. Stamina ini penting diketahui karena stamina berperan penting dalam hasil kinerja pegawai. Ini terjadi terutama pada pekerja lapangan yang lebih banyak menguras tenaga seperti supir, pengendali alat berat, dan lainnya. Bayangkan jika supir kelelahan saat mengendarai kendaraan bisa-bisa malah kecelakaan.
Nah untuk itu dikembangkanlah sebuah perangkat yang bisa memonitor stamina dan tingkat kelelahan seseorang. Kali ini berupa topi yang disebut dengan SMART CAP (Topi Cerdas). Topi ini dilengkapi dengan sensor tahan air yang bisa mengukur gelombang aktivitas elektris pada otak melalui tingkatan kulit kepala.
docking device smart cap
docking device smart cap
docking device smart cap
docking device smart cap
Setiap detiknya, sebuah algoritma melakukan analisis data, untuk menentukan tingkat kewaspadaan penggunanya. Hasil analisa data tadi bisa dikirimkan melalui teknologi bluetooth menuju perangkat lain misalkan smartphone atau perangkat smart cap touch screen monitor. Dengan begitu, pengguna bisa melihat tingkat kelelahannya. Jika level telah berada pada tingkat kritis, maka alarm bisa diaktifkan dan memberi peringatan pada penggunanya. Selain itu, sensor juga dilengkapi dengan fitur pengecekan pemakaian topi. Jadi untuk menghindari pegawai apakah dia menghindari pengawasan stamina atau tidak.
electronic core smart cap
electronic core smart cap
Selain sensor, setiap topi dilengkapi dengan sebuah modul yang berupa kartu portabel yang berisi inti elektronis. Hal ini menempel pada bagian bawah pinggiran topi ketika sedang dipakai, tetapi dapat merapat di unit dasar (atau pada tampilan layar sentuh) untuk pengisian ulang dan pengujian ketika tidak dipakai.
penggunaan smart cap pada sopir
penggunaan smart cap pada sopir
Teknologi ini bisa diterapkan menggunakan stand alone atau terhubung ke SmartCap Fatigue Manager Server. Untuk itu supervisor bisa mengawasi kondisi stamina banyak pegawai sekaligus secara real-time. Kabarnya smartcap ini dikembangkan untuk industri pertambangan dan masih dalam tahap pengujian. Walau begitu ada kemungkinan akan dipasarkan dalam waktu dekat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar