Senin, 07 Januari 2013

Pengertian dan Arsitektuur Wap

PENGERTIAN dan ARSITEKTUR WAP



1.1 Tentang WAP

WAP (Wireless Application Protocol) adalah suatu standard dunia untuk aplikasi yang melalui media jaringan komunikasi wireless. WAP forum pertama kali dibentuk pada Juni 1997 oleh Ericsson, Motorola, Nokia, dan Unwired PlanetWML yang bergabung untuk membentuk suatu protocol yang bisa digunakan bersama antar teknologi jaringan jaringan wireless baik itu berupa handphone, pager, maupun PDA (Personal Digital Assistants). Sejak saat itu pertambahan anggota WAP forum bartambah dengan pesat, mereka berasal dari penyelenggara utama pelayanan wireless, pembuat handset handphone, penyelenggara infrastruktur, dan developer software. Yang pada pertengahan tahun 2000 ini sudah mencapai lebih dari 400 anggota.

Oleh karena itu dengan sebuah handphone merek apa saja yang mendukung WAP kita bisa mengakses fasilitas internet, antara lain IP (Internet Protocol), HTTP (HyperText Transport Protocol), XML (Extensible Markup Language), URL (Universal Resource Location), dan scripting. Dengan WAP kita bisa berbelanja, mengatur transaksi di bank, membaca berita terbaru, ramalan cuaca, dan sebagainya cukup dengan menggunakan handphone WAP tersebut.

Disamping itu WAP forum juga mengadakan hubungan kerjasama dengan W3C (World Wide Web Consurtium) dan TIA (Telecommunications Industry Association. Kerjasama ini bertujuan untuk menciptakan dan mempromosikan spesifikasi teknis dari ketiga lahan organisasi tersebut.

Sesungguhnya WAP forum berusaha untuk menciptakan standar industri dunia dengan menggunakan teknologi yang sudah ada sebelumnya supaya lebih mudah mengikuti perkembangan yang ada. Oleh karena itu teknologi jaringan internet dengan WAP tidak jauh berbeda dengan internet pada umumnya yang memang pada dasarnya sama tetapi dengan beberapa penambahan dan pengurangan pula.


1.2 Arsitektur WAP

Karena menggunakan teknologi yang relatif sama maka arsitektur WAP juga tidak begitu berbeda jauh dengan arsitektur internet pada umumnya. Tetapi walau demikian tetap dibutuhan penyesuaian sebab jaringan wireless memiliki kekurangan antara lain : bandwidth yang kecil, lebih banyak kondisi inactive, stabilitas koneksi yang kurang, dan kurangnya perkiraan tersedianya koneksi.

Selain itu jika dilihat dari segi divais maka jelas divais wireless dengan komputer sangat berbeda antara lain : Kemampuan CPU yang minim, Memory yang lebih sedikit, Pemakaian tenaga yang dibatasi, tampilan yang lebih kecil, dan perbedaan divais input. Jaringan WAP tetap menggunakan Web Server internet yang biasa dan tetap menggunakan jalur HTTP 1.1, hanya saja sebelum mencapai Client yaitu handphone harus terdapat suatu Gateway yang bertugas menghubungkan keduanya dan melakukan penggantian protocol dengan WSP (Wireless Session Protocol) atau WTP (Wireless Transaction Protocol). Yang sudah tentu handphone tersebut harus mendukung WAP yaitu memiliki WAP minibrowser didalamnya.
Didalam Web Server tersebut harus terdapat file yang memang ditujukan untuk fasilitas WAP file tersebut adalah yang berspesifikasi WML (Wireless Markup Language). Yang memiliki fungsi dan sifat yang mirip dengan HTML, WML bisa menggunakan seluruh fasilitas dari suatu web server misalnya CGI (Common Gateway Interface), PHP, ASP, Oracle database, CodeFusion, dan sebagainya.

Hampir semua kemampuan HTML bisa dilakukan oleh WML, dari
menampilkan tulisan, gambar, pencarian data, kalkulasi, tranksaksi, dan lain-lain. Hanya saja oleh karena keterbatasan dari media wireless maka memang diperlukan pereduksian kemampuan dan jumlah data yang disalurkan.
Sebagai contoh untuk menampilkan gambar di internet biasanya suatu homepage sering kali menggunakan file gambar berformat JPEG, GIF, dan BMP. Tetapi untuk WAP dibuat suatu file gambar dengan format WBMP (Wireless Bitmap), yang baik dari segi ukuran dan kualitas gambar sangat jauh dibawah format gambar internet pada komputer.

Bahwa WAP menggunakan model yang mirip dengan internet tetapi dengan menggunakan versi ringannya untuk keperluan wireless.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar